Jumat, 03 Maret 2017

Inilah Makna Dari Nama Pulau-pulau Indonesia

1.Pulau Sumatera

Asal nama Sumatera berawal dari keberadaan kerajaan Samudera. Diawali dengan kunjungan Ibnu Batutah, petualang asal Maroko ke negeri tersebut pada tahun 1345, dia melafalkan kata Samudera menjadi Samatrah, dan kemudian menjadi Sumatera, selanjutnya nama ini tercantum dalam peta-peta abad ke-16 buatan Portugis, untuk dirujuk pada pulau ini, sehingga kemudian dikenal meluas sampai sekarang. Arti dari Sumatera, sebagaimana tercatat dalam sumber-sumber sejarah dan cerita-cerita rakyat, adalah “Pulau Emas”.

2.Pulau Jawa

Asal mula nama “Jawa” dapat dilihat dari bahasa Sansekerta yang menyebut adanya pulau bernama yawadwipa. Dwipa berarti “pulau”, dan yawa berarti “jelai atau “biji-bijian”. Biji-bijian merupakan jewawut (Setaria italica) atau padi.

3.Pulau Kalimantan

Dari cerita masyarakat di Kalimanatan, khususnya suku Banjar. Mengenai kata ‘kalimantan’ berasal dari dua gabungan kata ‘Kali’ dan ‘Mantan’. Kata ‘kali’ dapat diartikan dengan’sungai’ sedangkan ‘Mantan’ adalah singkatan dari kata “Jumantan” atau kata lain dari “Intan”, tang kalau diterjemahkan berarti sungau yang banyak mengandung berbagai macam intan/berlian.

4.Pulau Bali

Kata Bali pertama kali muncul dalam sebuah Prasasti yang ditemukan pada tahun 835 Saka (913 Masehi) di desa Blanjong, Sanur dan berikutnya prasasti ini dikenal dengan Prasasti Blanjong. Di prasasti yang dikeluarkan oleh raja Sri Kesari Warmadewa ini dituliskan nama pulau Blai dengan sebutan Bali Dwipa yang berarti persembahan, kembali atau sesaji.

5.Pulau Sulawesi

Nama Sulawesi diperkirakan berasal dari kata dalam bahasa-bahasa di Sulawesi Tengah yaitu kata sula yang berarti nusa (Pulau) dan kata mesi yang berarti besi(logam). Sedangkan bangsa/orang-orang Portugis yang datang sekitar abad 14-15 masehi adalah bangsa asing pertama yang menggunakan nama Celebes untuk menyebut pulau Sulawesi secara keseluruhan.

6.Pulau Papua

Nama Papua, aslinya Papa-Ua, asal dari bahasa Maluku Utara. Maksud sebenarnya, bahwa di pulau ini terdapat seorang raja, yang memerintah disini sebagai bapak, itulah sebabnya pulau dan penduduknya disebut demikian. Alasan memilih nama Papua, karena sesuai dengan kenyataan, bahwa penduduk pulau Papaua seja nenek moyang tidak terdapat dinasti yang memerintah atau raja disini. Sebagaimana yang ada dibagian bumi yang lain. Orang Papua berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar