Jumat, 04 Maret 2016

Tips Menghadapi Ujian Nasional (UN)

Menghadapi Ujian Nasional (UN) adalah suatu hal yang paling menegangkan , perasaan dag-dig-dug hati gelisah pikaran kemana-mana bahkan ada yang stres.  Memang tidak semua orang bisa menghadapi Ujian Nasional dengan tenang tapi yakinlah kita pasti lulus . Lantas bagaimana caranya agar rasa dag-dig-dug hilang dan lulus dari Ujian nasional ( UN ) ini?

Berikut adalah beberapa tips menghadapi UN agar lulus..

1. Pastikan Kondisi Tubuh Fit (Sehat)

Hal ini sangat berpengaruh, bagaimana tidak, ketika kita menghadapi yang namanya Ujian nasional ( UN) badan loyo, hal ini akan mengakibatkan ketidak fokusan dalam menghadapi UN maka dari itu sebelum hal itu terjadi usahakan selalu menjaga kondisi tubuh agar tetap fit.

2. Ikuti Program Pembelajaran di Sekolah dengan Baik

Meskipun hati selalu dag-dig-dug tapi yakinlah ketika mengikuti program pembelajaran di sekolah dengan baik yakinlah pasti bisa menghadapi yang namanya Ujian nasional ( UN).

3. Perbanyaklah Berlatih dengan Soal

Dalam hal ini memperbanyak berlatih dengan soal seperti mengetahui kisi - kisi UN. Hal ini dimaksudkan  untuk  memudahkan menghadapi Ujian Nasional ( UN ) namun ketika berlatih usahakan harus bisa membagi yang namanya waktu , jangan sampai larut malam hal ini bisa mengganggu kondisi tubuh.

4. Usahakan Membagi Waktu

Membagi waktu adalah hal yang penting usahakan ketika menghadapi Ujian Nasional (UN). Bagilah waktu mana untuk bermain dan mana untuk belajar.

5. Berdo’a

Berdoa merupakan senjata dari apa yang kita inginkan. Usahakan ketika jika ingin lulus, bangunlah tengah malam dan ambil wudhu di situlah kita berdoa meminta agar di mudahkan dalam menghadapi Ujian Nasional (UN)

6. Mintalah Do’a Restu dari Kedua Orang Tua

Meminta do’a restu dari kedua orang tua adalah suatu hal yang wajib kita lakukan baik namun jangan sampai ketika sudah pelaksaanaan UN meminta doa kepada orang tua diabaikan. Hal itu jangan sampai terjadi usahakan meminta doa baik sebelum berangkat sekolah ataupun sesudahnya.

7. Belajar Bareng dengan Teman

Belajar bareng dengan teman adalah suatu hal yang sangat menyenangkan apalagi kita belajar sama orang yang mengerti. Ketika dalam pembelajaran bareng dengan teman tidak ada yang mengerti, silahkan tanyakan kepada guru bidang studinya.

8. Jangan Lupa Sarapan Sebelum Mengerjakan Soal

Jika sudah datang hari dimana yang namanya UN usahakan sarapan terlebih dahulu di rumah agar kelak tidak mual ataupun sakit  dalam menghadapi Ujian Nasional (UN).

9. Bawalah peralatan Standar UN

Ketika kita mulai memasuki yang namanya hari H, jangan lupa membawa peralatan seperti penggaris UN dan pensil 2B. Meskipun banyak dan beragam pensil 2B tapi usahakan selalu memakai yang namanya pensil 2B. Jika belum mengerti tanyakan sebelumnya kepada guru-guru dan teman-temanya, jangan lupa membawa alas yaitu berfungsi untuk terhindar dari yang namanya sobek.

10. Isilah Soal yang Termudah Dahulu

Jika teman-teman semuanya sudah mengisi soal, usahakan mengisi soal yang mudah agar tidak membuang waktu/kesempatan yang telah disediakan.

11. Periksa Soal

Jika teman-teman sudah yakin dengan jawaban teman-teman, usahakan memeriksa lagi soalnya takutnya ada yang ketinggalan baik itu berupa nama, tempat tanggal lahir, nomor peserta dan lain sebagainya. Usahakanlah memeriksa lagi sebelum di serahkan ke pengawas.

Demikian beberapa tips menghadapi UN agar lulus.

Semoga ada manfaatnya bagi Sahabat sekalian..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar